Untuk AYAH, IBU dan KELUARGA INDONESIA

Salam Kreatifitas !!

 

Pernahkah kita melihat benda-benda yang ada di sekeliling kita?

Baik itu di rumah, di kantor, di jalan, dimanapun….Ehmm, monggo berfikir sejenak dan jawab dalam hati saja…J

 

Kreatifitas itu bisa dibangun, Kreatifitas itu bisa dipelajari, selama kuncinya adalah “niat alias kemauan”.

Stop blaming yourself “ga punya bakat”…..

Mumpung masih tahun baru, suasana baru, silahkan buat resolusi baru untuk berKARYA dan berKreatifitas.

 

Berangkat dari aware, sadar akan adanya barang-barang atau benda-benda yang ada di sekeliling kita, bisa menimbulkan “kreatifitas”. Selain itu, bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama. Berada di lingkungan yang positif akan membuat energy atau power kita semakin bertambah. Kreatifitas yang paling mudah direalisasikan adalah salah satunya bisa di mulai dengan melihat benda-benda yang ada di rumah yang mungkin terlupakan oleh kita bahwa benda itu sebenarnya sudah tidak bermanfaat, apalagi kalau benda itu kita sebut sebagai “sampah”. Sadar atau tidak, seringkali kita menyimpan benda-benda yang sebenarnya adalah sampah. “Ah sayang ya dibuang, simpan aja dulu” yang pada akhirnya menumpuk, tidak dipakai dan tidak memiliki value atau nilai lagi.

Tahukah Anda, kreatifitas itu bisa dari sampah-sampah itu?

Tentu saja bisa…

Dengan mengolah, mendaur ulang benda-benda tersebut dengan sentuhan tangan kreatif kita, ternyata benda-benda tak terpakai tersebut bisa disulap menjadi benda-benda cantik yang dapat menghias sudut-sudut ruang rumah kita atau bahkan menjadi sesuatu yang bernilai dan dapat kita jual. Wow….Asiiik bukan? Dari kreatifitas ternyata bisa menghasilkan uang.

Nah bayangkan jika benda-benda itu benar-benar sampah yang terbuang, tidak memiliki nilai. Bahkan dari sampah tersebut dapat menjadi peluang Bisnis yang sangat menggiurkan, dan membantu perekonomian bagi saudara-saudara di lingkungan kita.        Pernahkah Anda membayangkan berapa banyak sampah yang terbuang di muka bumi kita? Pernahkah Anda menghitung berapa sampah yang Anda buang hari ini? Dari diri Anda sendiri, dari Rumah, Saudara-saudara kita bahkan di sekitar lingkungan kita. Dan ternyata, dari kreatifitas yang kita bangun, kita bina, dapat menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan lingkungan hidup dengan “Keep Green”. Buktinya, dengan mendaur ulang benda-benda using, sampah dan lain-lain, kita juga mendukung program Go-Green dari pemerintah maupun dunia. Siapa yang mau merubah dunia kalau bukan kita sebagai generasi penerus, namun kita juga tidak akan dapat bisa merubah dunia, jika kita tidak bisa merubah diri kita sendiri.

Menjadikan kreatifitas menggunakan benda-benda tidak berguna atau sampah adalah suatu bentuk kegiatan, aktifitas positif serta dapat ditularkan, diajarkan kepada semua orang. Tidak menjadi kegiatan yang positif saja, akan tetapi sampah-sampah ini juga memberikan penghasilan untuk kita. Dengan “Sociopreneruship” program, diharapkan kreatifitas-kreatifitas seperti ini dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dengan usaha kecil dan menengah (UKM) atau sebagai home industry. Dengan modal yang kecil, tidak terlalu besar, usaha ini dapat diaktifkan, digiatkan di lingkungan masyarakat sekitar kita, dengan sasaran Ibu Rumah Tangga, Remaja karang taruna, atau remaja putus sekolah, atau bisa juga anak-anak, sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan dan membantu ekonomi keluarga.

 

Smart Year for Smart family J

 

By Nuning Widowati

Author Book of Sampah Jadi Uang SJU